Selasa, 10 April 2012


Disini saya akan sedikit memberi tutorial membuat program sederhana di delphi:
Disini saya membahas tentang bagaimana cara menginput NAMA dan NPM  yang telah di beri judul dengan nama DATA MAHASISWA.
a.       Pertama kita membuat dulu element apa saja yang akan di buat. Disini saya membuat lima buah Label,satu buah Button,dan dua buah edit,menu ini terdapat di menu standart,lalu kita buat seperti pada gambar 1.1



Gambar 1.1
b.      Disini kita mengganti nama Caption label 1 dengan “DATA MAHASISWA”, mengganti nama Caption label 2 dengan “NAMA”, mengganti nama Caption label 3 dengan”NPM” sedangkan label 4 dan 5 kita kosongkan nama Captionnya kita juga mengganti font size label 1 menjadi 18 dan mengganti font size label 2,3,4 dan 5 menjadi 14.sedangkan font style kita menggunakan “Times New Roman”.kita juga memberi nama button 1 dengan nama “CETAK”.
c.       Setelah selesai dalam mengedit tampilan,selanjutnya kita membuat kodingan program yang akan kita buat. kita membuat kodingan dengan cara mengklik dua kali tombol button yang kita buat saat membuat tampilan. Berikut isinya:
label4.Caption:='Nama : '+edit1.Text;
Label5.Caption:='NPM  : '+edit2.Text;
Label4.Font.Size:=14;
Label5.Font.Size:=14;
Maksud dari kodingan yang kita buat disini adalah,memberikan koneksi dari apa yang kita tulis di edit menjadi muncul di label yang kita kosongkan tadi.Sedangkan Label4.Font.Size:=14 dan Label5.Font.Size:=14 ini membuat tampilan ukuran huruf di label4 dan label5 menjadi 14.
d.      Setelah semua selesai kita simpan project kita ini dengan cara. Klik File-Save Project as(pilih dimana mau menyimpan dan dengan nama apa)-Klik Save
e.   Disave kita jalankan program ini dengan menekan tombol F9,atau mengklik tombol RUN

Categories:

1 komentar:

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!