PODCASTING
(jcam19.wordpress.com)
Istilah "podcasting"
pertama kali muncul dalam sebuah karangan artikel oleh Ben Hammersley di surat
kabar The Guardian pada Februari 2004, bersama dengan istilah
lain yang diusulkan untuk menamakan teknologi baru ini. "Podcast"
merupakan lakuran kata "pod" — "playable
on demand" (dimainkan atas permintaan), yang kelak digunakan Apple Computer (sekarang
Apple) untuk merek (portable media player) iPod — dan "broadcasting"
(penyiaran). Nama ini dapat menyesatkan, karena siniar dapat digunakan
tanpa iPod, atau bentuk pemutar-media-saku lain; isi-kandungannya dapat
diperoleh dengan komputer yang dapat memainkan berkas media. Penggunaan
istilah "podcast" mendahului adanya dukungan asal (native
support) untuk layanan siniar bagi iPod, atau perangkat lunak Apple iTunes. Untuk
menghindari keterkaitannya dengan istilah "iPod", beberapa orang
memakai istilah "netcast" sebagai pengganti "podcast",
seperti siniarwan (podcaster) TWiT.tv Leo Laporte. Singkatan balik
(backronym) telah diusulkan supaya "podcast" dapat
diuraikan sebagai "personal on demand
broadcast" (penyiaran atas permintaan pribadi),
Manfaat
Podcasting:
Ada banyak
manfaat dari Podcasting yang dapat Anda terima jika Anda menggunakannya sebagai
salah satu pemasaran dan alat komunikasi:
Meningkatkan
visibilitas situs Anda
Audiens target
Anda akan dapat menemukan situs Anda lebih mudah ketika Anda daftar podcast
Anda di direktori podcast yang tersedia. Visibilitas untuk situs Anda akan
meningkat sangat. Demikian pula, mesin pencari akan dapat menemukan podcast
Anda lebih mudah juga.
Menyediakan
alat komunikasi bisnis yang efektif
Salah satu
manfaat penting dari Podcasting adalah kenyataan bahwa itu benar-benar
menyediakan alat komunikasi tambahan untuk bisnis online Anda. Orang-orang akan
datang untuk tahu tentang situs Anda. Apa yang telah ditulis dan ditawarkan di
situs Anda akan bisa mendapatkan kredibilitas Anda sebagai seorang penulis ahli
di bidang Anda.
Memberikan kesempatan
untuk memberikan nilai tambah menawarkan
Podcasting
memungkinkan Anda untuk memberikan nilai tambah menawarkan dalam format audio.
Ini akan mempertahankan kepentingan pembaca dan pelanggan sama seperti mereka
akan senang dengan tawaran ini. Mereka dapat kembali ke situs Anda untuk
podcast mingguan “Pilihan Hot Tips untuk minggu ini”, ini akan menjadi favorit
panas bagi mereka dalam perdagangan opsi.
Menyediakan
retensi memori yang lebih baik
Podcasting
melibatkan melihat, mendengar dan mengalami. Jika digabungkan, memberikan hasil
terbaik untuk retensi memori sekitar 75% untuk rata-rata orang. Ini
menyimpulkan bahwa pesan audio pasti lebih berkesan dari hanya teks biasa.
Retensi memori adalah salah satu manfaat lebih penting bisa Anda dapatkan dari
Podcasting.
Menyediakan
kemudahan penggunaan
Podcast Anda
dapat dengan mudah diputar pada pemutar MP3 portabel. Orang akan dapat
mendengarkan podcast Anda di mana saja dan kapan saja. Podcasting membuat
mendengarkan pesan Anda begitu mudah, tanpa rewel.
Memberikan
kesempatan untuk peningkatan lalu lintas
Jika podcast
Anda berisi konten yang besar, mereka akan mengarahkan lalu lintas ke situs Web
Anda. Hal ini akan menciptakan dampak pada penjualan Anda dan garis bawah.
Konten Anda juga harus informatif, menarik, dan harus selalu menyediakan nilai
nyata bagi pendengar Anda. Melalui Podcasting, Anda juga dapat berkomunikasi
dengan audiens target Anda.
Podcasting
adalah trend komunikasi terbaru dengan pemasar di web. Ia menawarkan jangkauan
menguntungkan untuk jutaan pendengar yang pelanggan potensial. Kemungkinan
pemasaran banyak. Podcasting adalah sekarang rute emas untuk memilih, dan tidak
harus dibiarkan keluar sebagai salah satu pemasaran dan alat komunikasi.
Referensi : http://nizaru.blogspot.com/2011/11/konsep-teknologi-konvergensi-jejaring.html
0 komentar:
Posting Komentar